Perencanaan Upacara Pernikahan Yang Efisien

Perencanaan PernikahanPunya rencana menikah? Takut tidak mampu membuat perencanaan pernikahan yang tepat? Tidak perlu panik. Menikah efisien bukan berarti Anda tidak mampu menyuguhkan pesta yang meriah dan menawan. Buatlah catatan kecil dan kelompokkan anggaran biaya perencanaan pernikahan Anda menjadi dua, yaitu pos pengeluaran utama dan pos pengeluaran tambahan. Pos pengeluaran utama bisa berupa biaya sewa gedung, make up dan pelaminan, katering, kartu undangan dan dokumentasi. Pos pengeluaran tambahan bisa berupa seragam keluarga, musik, dekorasi dan souvenir serta hal-hal kecil lainnya.

Hemat BiayaSelanjutnya, fokuskan perhatian dan prioritas pada pos pengeluaran utama, dan hindari terlalu menghabiskan perhatian dan biaya untuk pos pengeluaran tambahan. Jangan sibukkan diri Anda dengan pos pengeluaran tambahan sebelum Anda menyelesaikan pemenuhan kebutuhan pada pos pengeluaran utama. Setelah semua kebutuhan utama terpenuhi maka anggaran yang tersisa bisa Anda alokasikan ke pos pengeluaran tambahan, dan sifatnya tidak perlu memaksakan diri. Jadi, cukupkan biaya Anda yang tersisa untuk memenuhi pengeluaran tambahan. Maka, Anda bisa menghemat biaya pernikahan Anda dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Perencanaan pernikahan yang tepat dan efisien memang menuntut Anda untuk berpikir secara logis dan ekonomis.

Jangan takut tidak mampu menyuguhkan acara pernikahan yang terbaik bagi keluarga besar. Mencari informasi dan melakukan perbandingan-perbandingan dengan orang lain yang sudah pernah membuat acara pernikahan akan memberikan suatu masukan yang cukup berarti bagi Anda. Dari pengalaman teman, kakak, saudara atau tetangga, Anda bisa belajar membuat perencanaan pernikahan yang tepat dan efisien.

Leave A Comment